Apa Sajakah Manfaat Hobi?

Apa yang biasa kalian lakukan untuk menghabiskan waktu luang dan pada saat liburan ? mungkin banyak di antara kalian yang menghabiskan waktu liburan dengan berjalan-jalan bersama keluarga atau bersama teman-teman, ntah itu ke mal untuk berbelanja, ke tempat rekreasi, atau hanya dirumah dan melakukan hobi kalian seperti bermain games, menggambar, menulis cerpen atau yang lainnya.

      Sebenarnya, manfaat apa saja yang akan kalian dapat dari melakukan hobi tersebut ? kali ini saya ingin membahas tentang manfaat apa saja yang akan di dapat dari hobi yang biasa kita lakukan.

       hobi, apa kalian tahu apa yang dimaksud dengan hobi ? Menurut Wikipedia Indonesia : “hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Kata hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggrishobby””[1] menurut saya, hobi adalah suatu aktifitas yang kita lakukan untuk mendapatkan kesenangan dan bahkan dapat menimbulkan suatu kepuasan tertentu. Sekarang mari kita bahas manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dari hobi yang kita lakukan.

        Pertama, Menghasilkan Uang. Banyak hobi yang dapat menghasilkan uang, salah satu yang telah saya buktikan yaitu pada hobi saya dalam bermain game online. Dalam game tersebut saya dapat menjual item, uang dalam game dan akun game tersebut untuk mendapatkan keuntungan di dunia nyata. Kemudian hobi dalam menggambar, jika kita tekun dan bersungguh-sungguh berlatih dalam menggambar, siapa tau saja ada orang yang ingin memesan sebuah karikatur, lukisan atau sebuah gambar ilustrasi. Teman saya sudah membuktikannya, dia mengerjakan sebuah karikatur berukuran A4 tanpa warna dengan harga 40rb, bayangkan jika diberi warna hehe.

      Kedua, Menyenangkan dalam melakukannya. Ya, kebanyakan orang melakukan hobinya atas dasar mencari kesenangan.

        Ketiga, Dapat Menambah Teman Dengan hobi yang Sama. Dengan ikut suatu komunitas hobi yang kita sukai, kita akan dapat berteman pula dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama dengan kita, dan tentunya hal itu sangat menyenangkan karena kita dapat melakukannya bersama-sama, memberi masukan satu sama lainnya, saling membantu dalam meningkatkan kemampuan atas hobinya tersebut.

        Keempat, Dapat menghilangkan Stres / Kepenatan. Salah satu alasan kita melakukan hobi selain untuk mendapatkan kesenangan yaitu untuk dapat menghilangkan stres dari kesibukan entah itu kerjaan, tugas-tugas sekolah atau masalah yang terjadi di lingkungan kita.

        Kelima, Menyehatkan. Olahraga adalah hobi yang dapat menyehatkan badan kita. Selain menyehatkan badan kita, berolahraga dapat pula meningkatkan jiwa sportifitas kita.

        Keenam, Dapat Meningkatkan Kemampuan. Berkali-berkali melakukan hal yang kita sukai (hobi) maka kemampuan akan hal tersebut juga akan meningkat seiring berjalannya waktu jika kita tekun melakukannya.

        Demikianlah beberapa manfaat hobi yang dapat saya jelaskan kepada kalian, jika ada yang ingin menambahkan bisa coret-coret di kolom komentar


[1] Dikutip langsung dari http://id.wikipedia.org/wiki/Hobi pada 29 november 2013, pukul 19:30 WIB

11 komentar:

  1. jadikan manfaat itu sebagai sumber penghasilan

    BalasHapus
  2. Jadi setiap hobi itu bisa jadi lahan penghasilan. :D

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. itu yang "Label: Hobi, Manfaat " kan kata kuncinya mba bro :)

      Hapus
  4. pendapat anda mengenai cita cita harus sesuai dengan bakat menurut saya kurang tepat. kadang kita juga suka bercita-cita diluar dari apa yang kita minati ...

    BalasHapus
  5. paragraf nya dibikin balance, bang

    BalasHapus
  6. Terima kasih artikel dan informasi tentang Manfaat Hobi sangat membantu sekali. Kunjungin balik ya http://www.widtama.com/hobi.html

    BalasHapus